Berita

VERIFIKASI STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (SBS) DESA TRAJU KECAMATAN SIEMPAT RUBE

Selasa, 14 November 2017

Pada hari Jumat tanggal 10 Nopember 2017 Tim Verifikasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Kecamatan Siempat Rube melaksanakan Verifikasi di Desa Traju. Pelaksanaan Verifikasi turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Camat Siempat Rube Bapak Pendi Berutu, Kepala Puskesmas Siampat Rube dr. Meilan C. Manurung, Kepala Desa Traju Bapak Pittor H. Cibro, Sekretaris Desa dan Ketua BPD Siempat Rube 1 Bapak Edward Padang  sebagai Desa yang bertetangga langsung dengan Desa Traju.

Pelaksanaan verifikasi diawali dengan briefing oleh Ketua Tim Ibu Johanna Ginting, dilanjutkan dengan memgunjungi langsung setiap rumah-rumah warga yang ada di Desa Traju untuk melihat secara langsung ketersediaan jamban sehat keluarga serta melakukan wawancara singkat dalam pengisian quessioner yang telah disipkan oleh Verifikator. Proses verifikasi ini perlu dilakukan untuk mastikan terjadinya perubahan perilaku masyarakat di Desa Traju dan memastikan bahwa seluruh masyarakat telah terakses dengan Jamban sehat serta berprilaku hidup bersih dan sehat. 

Setelah seluruh rumah diverifikasi, Tim Melakukan rekapitulasi atas hasil pemeriksaan dan menyimpulkan bahwa Seluruh Tim Verifikasi sepakat bahwa masyarakat  Desa Traju telah berperilaku hidup bersih dan sehat dengan terakses jamban seluruhnya, maka Tim sepakat bahwa Desa Traju Kecamatan Siempat Rube Dinyatakan Lolos Verifikasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan ( ODF 100 %) dan menempelkan Stiker Stop Buang Air Besar Sembarangan  disetiap rumah-rumah.

Dengan terlaksananya verifikasi Stop BABS di Desa Traju ini bisa menjadikan contoh serta sebagai pemicu dan motifasi kepada desa-desa lain untuk dapat bergerak cepat menuntaskan masalah ketersediaan jamban sehat keluarga dalam mencapai Kabupaten Pakpak Bharat Akses Sanitasi Total Tahun 2018. Njuah-njuah.