Berita

KEGIATAN WORKSHOP DESIMINASI MODEL SISTEM TRANSPORTASI CONTOH UJI DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Jumat, 19 Juli 2019


Diagnosis merupakan komponen yang sangat penting dalam program pengendalian penyakit Tuberkulosis (TBC). Diagnosis TBC ditetapkan berdasarkan keluhan, hasil anamnesis, pemeriksaan klinis, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan penunjang lainnya. Penegakan diagnosis yang tepat, cepat, dan dapat diandalkan akan membantu penanganan kasus TBC, baik dalam hal mempercepat pasien memulai pengobatan, menentukan regimen terapi yang sesuai, maupun untuk memantau hasil pengobatan.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses terduga TBC terhadap pemeriksaan TCM, mengurangi risiko penularan karena perpindahan pasien, dan risiko pre-treatment loss to follow-up jika terduga TBC yang dirujuk tidak sampai ke laboratorium tujuan di RSUD Salak.
Pertemuan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 April  2019, Pukul 08.00 s/d selesai yang diikuti oleh petugas laboratorium di fasyankes, petugas TB di fasyankes, dan perwakilan PT Pos di kabupaten. Penyampaian materi disampaikan oleh Khairina Ulfa Bagian P2P Program  Dinas Kesehatan umatera Utara