Berita

PENYELIDIKAN EPIDEMIOLOGI KASUS DBD DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECUPAK

Rabu, 18 September 2019

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Dinas Kesehatan, saat ini kasus DBD di Pakpak Bharat sedang meningkat secara khusus di Kecamatan Pergetteng getteng sengkut wilayah kerja Puskesmas Kecupak ditemukan 1 kasus DBD, dengan munculnya 1 kasus DBD di Desa Kecupak II maka tim surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat Bersama dengan petugas Puskesmas Kecupak melakukan Penyelidikan Epidemiologi ke rumah penderita dan juga rumah-rumah tetangga penderita pada hari selasa 17 September 2019.

Penyelidikan Epidemiologi ini bertujuan untuk memastikan kebenaran kasus DBD yang dilaporkan dan luasnya penyebaran, mengetahui kemungkinan kecenderungan terjadinya penyebarluasan penyakit DBD di lokasi, mengetahui gambaran situasi penyakit dan saran ataupun alternatif pencegahan serta melakukan penanggulangan KLB DI lokasi dalam hal ini Desa Kecupak II yang telah ditemukan 1 kasus DBD yang baru dirawat di RSUD Salak seminggu yang lalu. 

Proses terjadinya suatu penyakit disebabkan adanya interaksi agent atau factor penyebab penyakit, host yaitu manusia sebagai pejamu, dan factor lingkungan. Salah satu factor yang mempengaruhi penularan penyakit DBD adalah lingkungan. Dalam PE yang dilakukan oleh petugas diamati bahwa lingkungan masyarakat sekitar yang masih kurang bersih, banyak tempat penampungan air yang terdapat jentik nyamuk Aedes aegypti. Dalam pengamatan ini yang ditemui banyak ibu-ibu rumah tangga sehingga petugas juga menyarankan untuk menguras bak bak penampungan air seminggu sekali untuk memutus siklus hidup vector DBD. Disarankan juga untuk membersihkan lingkungan termasuk selokan selokan air disekitar rumah, menghilangkan kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah. Dengan dilakukannya penyelidikan ini diharapkan mendapat kesimpulan upaya apa yang harus dilakukan untuk menanggulangi dan mengendalikan kasus DBD ini apakah diperlukan pengasapan (Fogging), PSN 3 Plus, ataupun Penyuluhan supaya kasus tidak menjadi KLB.