Berita

KOORDINASI PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)

Kamis, 19 September 2019

Dinas Kesehatan Bersama Puskesmas Kecupak melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Aornakan II dan Kepala Desa Kecupak II Kecamatan Pergetteng Getteng Sengkut dalam pencegahan dan pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di dua desa tersebut. Kepala Desa diharapkan dapat membantu untuk menyampaikan informasi serta mengajak masyarakat untuk senantiasa berperan aktif dalam pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD dengan cara : (1) Melaksanakan Gotong-royong membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal warga, (2) Bersama-sama untuk lebih peduli dan pro aktif terhadap kebersihan lingkungan terutama  pencegahan dan pemberantasan Nyamuk pembawa virus Dengue yang merupakan penyebab Demam Berdarag Dengue (DBD) dengan cara  :

a. Membersihkan air selokan, parit dan mengalirinya.

b. Membersihkan dan menguras bak mandi, tempat penampungan air, penampungan            air tanaman, penampungan air ternak secara rutin.

c. Menutup bak penampungan air minum dan menutup bak air mandi.

d. Memanfaatkan dan atau mendaur ulang  kembali barang-barang bekas yang                      berpotensi jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

e.Tidak menggantungkan pakaian disembarang tempat didalam rumah agar nyamuk              tidak hinggap dan bersarang.

f. Memelihara ikan pemakan nyamuk secukupnya di Bak-bak penampungan air,

(3) Segera laporkan kepada petugas kesehatan dan Puskesmas setempat apabila ada warga yang mengalami  demam yang turun naik, kepala pusing, disertai nyeri otot dan sendi, Serta (4) Waspadalah terhadap Demam Berdarah Dengue.