Berita

PE. PENYAKIT DEMAN DENGUE

Selasa, 17 Desember 2019

Dinas Kesehatan bersama UPT Puskesmas Siempat Rube melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) atas penyakit Deman Dengue di Desa Siempat Rube I Kecamatan Siempat Rube. Kegiatan Penyelidikan epidemiologi Penyakit Demam Dengue ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran secara detail penyakit demam dengue serta sumber penyebarannya. Selain wawancara, petugas langsung melakukan pengamatan tempat penampunga air dan pengambilan sampel terhadap jentik nyamuk yang ditemukan di bak-bak penampungan air, tempat penampungan minuman ternak serta sambil memberikan penyuluhan kepada anggota keluarga rumah tersebut bagaimana mencegah penyakit demam dengue. Kepada warga masyarakat juga diminta untuk berperan aktif dalam pencegahan penyakit demam dengue dengan cara :
1. Melaksanakan Gotong-royong membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal warga
2.Bersama-sama untuk lebih peduli dan pro aktif terhadap kebersihan lingkungan terutama  pencegahan dan pemberantasan   Nyamuk pembawa virus Dengue yang merupakan penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan cara  :
(a) Membersihkan air selokan, parit dan mengalirinya.
(b) Membersihkan dan menguras bak mandi, tempat penampungan air, penampungan air tanaman, penampungan air ternak secara rutin   minimal sekali dalam seminggu.
(c) Menutup bak penampungan air minum dan menutup bak air mandi.
(d) Memanfaatkan dan atau mendaur ulang  kembali barang-barang bekas yang berpotensi jadi tempat perkembangbiakan nyamuk   penular Demam Berdarah.
(e) Tidak menggantungkan pakaian disembarang tempat didalam rumah agar nyamuk tidak hinggap dan bersarang.
(f) Memelihara ikan pemakan nyamuk secukupnya di Bak-bak penampungan air atau Menanan Tanaman yang dapat membantu mengusir   nyamuk di lingkungan rumah warga seperti Serai Wangi, Bunga Lavender, Bawang Putih.
3.Segera laporkan kepada petugas kesehatan dan Puskesmas setempat apabila ada warga yang mengalami  demam yang turun naik,   kepala pusing, disertai nyeri otot dan sendi;
4.Waspadalah terhadap Demam Berdarah Dengue.