Berita

PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA (PKPR)

Jumat, 7 Agustus 2020

Salah satu penyebab tidak langsung dari kematian ibu dan anak adalah kehamilan usia dini, status gizi ibu hamil yang kurang, pengetahuan ibu tentang kesehatan yang belum memadai. Faktor penyebab tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan intervensi kesehatan secara dini sejak anak usia sekolah dan remaja.

Pelayanan kesehatan usia sekolah dan remaja di Puskesmas dilakukan melalui penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dengan pendekatan konselor sebaya. Hari ini di aula Dinas Kesehatan oleh Narasumber Pak Widada, SKM, Msi, dan Ibu Cut Diana Mutia,SKM,M.Kes dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan pentingnya Puskesmas mampu PKPR dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Dalam arahannya Kepala Dinas Kesehata dr. Tomas, MM menyampaikan bahwa Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) harus dimulai segera karena akan berdampak pada generasi emas Pakpak Bharat ke depan.

Peserta yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Tenaga Gizi Puskesmas, Bidan Koordinator, Bidan Desa dan Petugas Promosi Kesehatan serius dalam mendengar arahan narasumber dalam pembentukan dan pelaksanaan PKPR di Puskesmas. Semoga seluruh Puskesmas mampu melaksanakan PKPR, Njuah-njuah……..