Info & Tips Kesehatan

Manfaat "Mewah" Jantung Pisang yang Gak Pernah Dikira Orang

Senin, 24 Juli 2017

Hampir semua bagian pohon pisang bisa digunakan dan memiliki manfaat, termasuk bunga pisang atau lebih akrab disebut sebagai jantung pisang. Jantung pisang punya banyak manfaat medis dan sebenarnya bisa kita konsumsi sebagai pengganti lauk pauk.

Untuk menghilangkan getah dari jantung pisang agar bisa dikonsumsi, kamu harus melumasi tanganmu dengan minyak goreng dan perlahan memisahkan bunganya dengan kelopak merahnya. Lakukan ini sampai semua bunga pisang terkumpul.

Meskipun kadang bunga pisang tak ada yang meliriknya, namun tahukah kamu kalau bunga pisang ternyata punya segudang manfaat ternyata untuk perempuan?

  • Jantung pisang bisa mengatasi nyeri PMS dan membantumu untuk mengurangi berat badan. Caranya, tumis bunga pisang yang sudah dibersihkan kemudian tambahkan santan kental, cabai giling, garam, lada dan sedikit jintan untuk aroma sedap. Kamu bisa menyantapnya bersama nasi saat kamu mulai merasakan nyeri PMS.
  • Jantung pisang juga bisa menjadi makanan alternatif bagi penderita diabetes. Sebuah studi menyatakan bahwa kadar insulin penderita diabetes berkurang setelah mereka diberi bunga pisang sebagai pengganti lauk pauk sehari-hari.
  • Jantung pisang bisa menjadi sumber vitamin yang menyehatkan rahim. Bunga pisang juga bisa meringankan PCOS dan menyehatkan rahim. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) adalah masalah kesehatan yang kompleks dan terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. PCOS sering ditemukan pada perempuan mulai haid pertama sampai usia sekitar 45 tahun.
  • Untuk ibu hamil, jantung pisang juga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik. Bunga pisang ini mengandung banyak serat dan mencegah ibu hamil mengalami sembelit selama kehamilan.
  • Ketika ibu sudah masuk masa menyusui, jantung pisang pun masih bisa dikonsumsi sebagai pengganti lauk lain. Tahu gak sih kalau bunga pisang bisa meningkatkan produksi ASI? Untuk perempuan yang sedang dalam program kehamilan atau menyusui, masukkan satu bahan makanan ini ke dalam menu utama.
  • Jantung pisang juga kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas. Radikal bebas sudah dikenal mampu merusak sel dan memicu gangguan jantung, kanker, dan penuaan dini. Namun bunga pisang kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.
  • Ditambah lagi, jantung pisang juga punya banyak kandungan zat besi. Kalau kamu anemia, jangan ragu-ragu untuk memasukkan ini ke dalam salah satu menu makananmu!


Nah, sudah tahu kan manfaat jantung pisang?

Lain kali kalau lihat di pasar, coba deh beli dan olah sendiri di rumah.